Civitas Akademi: Dimulai dari Semester Pertama

Dimulai dari semester pertama. Jadi ceritanya udah anak kuliah sekarang. Anak kuliahan jurusan Fisika seperti kataku sebelumnya. Aku sudah jalan satu semester. Dan Alhamdulillah meski banyak halangan rintangan cobaan gunungan tugas, jadwal presentasi tiap hari, dan endingnya ujian ujian dan ujian, akhirnya semester satu ini kelar.

Kuliah emang gak mudah. Tapi emang hidup gak akan tambah mudah. Gak cuma kuliah, tapi pasti semua. Jadi terus aja dijalani, terus aja berusaha, terus terus maju terus pantang balik akhirnya juga kelar. Baru kelar semester satu aja padahal, tapi rasanya
seneng banget. Haha. Tapi katanya kakak tingkat seperjurusan emang semester awal-awal bakal dihujani paling banyak tugas. Ah tapi gatau lagi ding. Yang jelas masih kurang tujuh semester lagi. Dan yang jelas lagi, hidup gak agak tambah mudah. Huaaaaa.. Tetap semangaaaat !

Singkat cerita semester ini, diawali ospek tertunya. Dan serangkaian acara tetek bengek barang bawaan macem-macem, dibentak kakak PL, teriak-teriak jargon, nginep-nginep di perkemahan, outbond, materi-materi kepemimpinan dan sebagainya sebagainya. Acara begituan juga resmi kelar di semester satu ini setelah dapet sertifikat PKPT yang konon katanya amat sangat sakral. Semasa ospek, standar cuma bisa tidur dua sampai tiga jam aja sehari, gara-gara si tugas tetek bengek yan gak jelas itu. Dan ujungnya tiap materi pasti seruangan pada tidur kecapekan, hehe.

Lanjut, soal acara akademik di bangku kuliah ya sebenernya sih gak jauh-jauh beda sama sekolah sebelum-sebelumnya. Ada tugas, ada materi, presentasi, ujian, praktikum, sama laporan. Bedanya cuma porsi. Tapi bedanya paraaaaaaah. Porsinya banyak kali lipat dari biasa. Kadang hidup serasa acak-acakan banget gara-gara tugas yang gak ada habisnya (lebay). Tapi beneran, kalo lagi musim tugas bener-bener gak nanggung lah. Terus bedanya lagi, hampir tiap kuliah itu acaranya selalu presentasi sama diskusi debat-debatan gitu.

Perkenalan sama matakuliahku semester satu ini dulu yah. Matakuliah Umumnya ada Bahasa Indonesia Keilmuan, Pendidikan Pancasila, sama Pendidikan Kewarganegaraan. Kuliah juga masih dapet ilmu yang dari kelas satu SD sampai tamat SMA gak pernah absen aku dapet loh. Hebat pendidikan di Indonesia. Semoga bisa mencetak ilmuan hebat yang berbakti sama negerinya. :D Dan Matakuliah Keilmuannya, semester ini ada Fisika Dasar, Matematika I atau si Kalkulus, Kimia Dasar, Praktikum Fisika Dasar I, Praktikum Kimia, sama Biologi. Totalnya ada 21 sks. Isinya ya begitu itulah. Menurutku kayak materi tiga tahun SMA yang dirangkum jadi satu semester aja. Subhanallah.

Sekarang tinggal nunggu hasil jerih payahku selama ini. Maksudku nilai yang bakal aku dapet di KHSku (Kartu Hasil Studi). Jadwalnya sih bakalan keluar online antara tanggal 5-10 Januari nanti. Jujur, deg-degan banget sebenernya. Gak santai. Takut nanti hasilnya ngecewain. Tapi Insyaallah selama satu semester kemarin aku udah berusaha semampuku kok. Semoga bisa memuaskan. Amin :D

Dan dimulai dari semester pertama ini, semoga bisa jadi banyak pelajaran buat semester selanjutnya. Bisa jadi lebih baik buat selanjutnya. Karena sekali lagi, mengutip kutipan yang ada di sampul Yearbook SMA, “Hidup emang gak akan tambah mudah, tapi gua akan jauh lebih siap”. Hehe semoga selalu jadi lebih baik. Semangat calon ilmuan ! :D

No comments:

Post a Comment