Menulis Cerita Anak



MENULIS CERITA ANAK
Oleh: Maula Fatimah Azzahra


            Seperti halnya cerita fiksi yang lain, cerita anak memiliki unsur intrinsik yang tidak jauh berbeda, yaitu penokohan, alur, latar, gaya bahasa, dan amanat. Perbedaan mendasar antara cerita anak dengan cerpen sastra biasanya terletak pada gaya bahasa dan cara menyampaikan amanat. Cerita anak adalah cerita yang diperuntukkan untuk anak. Oleh karena itu biasanya bahasa yang digunakan lebih sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak.
Untuk unsur intrinsik cerita anak biasanya lebih dimampatkan dan lebih terpusat pada 3 unsur intrinsik berikut.
1.      Penokohan
Penokohan adalah hal yang penting dalam sebuah cerita. Tanpa penokohan sebuah cerita tidak mampu disampaikan dengan baik, karena tokoh dan penokohanlah yang bertugas menyampaikan suatu pesan atau pun peristiwa dalam cerita.

My First Published Book on gramediana.COM


This is my first published book, Kano Putih dan Bangau-bangau. With UKM Penulis, I made my first book. And then, UKMP have a cooperate with gramediana.COM. 

Let me tell you about gramediana.COM. Ok, PT Gramedia Pustaka Utama is a part of Group of Book Publishing, Kompas Gramedia To establish an easy and comfortable access for the book lovers, PT Gramedia Pustaka Utama introduces gramediana.COM.

Olimpiade Fisika Nucleon 2013 Tingkat Nasional

Ajang bergengsi Olimpiade Fisika Nucleon Universitas Negeri Malang hadir lagi di tahun 2013. Kali ini Tingkat Nasional lho :) Simak info di bawah ini, ya. Dan segera daftarkan diri kalian. :)

Welcome to NUPHO (Nucleon Physic Olympiad) 2013 




Olimpiade Fisika ini diselenggarkan 
oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika “Nucleon” FMIPA Universitas Negeri Malang untuk SMP dan SMA tingkat Nasional

Pendaftaran dibuka mulai 1 Juli 2013 – 10 Oktober 2013

Filtering zone diadakan tanggal 13 Oktober 2013  secara Online 

Masing-masing tim terdiri dari 2 anak. Biaya pendaftaran untuk SMP Rp 90.000,- per Tim Dan SMA Rp 100.000,- per Tim (Biaya pendaftaran dapat dikirim melalui Bank BRI) 

Memperebutkan:
- Tiket otomatis diterima di jurusan Fisika Universitas Negeri Malang - Uang jutaan rupiah 
- Thropy bergilir Mendiknas
- sertifikat Come join us and be the next young excellent physicist 

Info lebih lanjut : 
website: www.nupho.or.id 
facebook : NuPhO 2013 ( https://www.facebook.com/groups/nupho/ )
twitter : @nupho2013 ( https://www.twitter.com/nupho2013 )



Lomba Cerpen Se Jawa-Bali (DL 16 Sept 2013)


Salam Menulis!

Hai, UKM Penulis UM mengadakan Lomba Cerpen tingkat Jawa-Bali dalam rangkaian acara Pameran Karya 2013. Kasian banget cerpen-cerpen kamu yang udah bersarang di folder-folder. Mending dikirimin ikut lomba aja. Yuk, simak syarat dan ketentuannya. 

Syarat dan Ketentuan :
1. Naskah adalah hasil karya orisinil, belum pernah dipublikasikan di media dan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan sejenis
2. Tema cerpen bebas
3. Cerpen ditulis maksimal 8 halaman A4, TNR 12pt, margin 4-3-3-3, Spasi 1,5
4. Berusia 17-25 tahun (bukti scan KTP)
5. Boleh mengirimkan lebih dari 1 cerpen

Pendaftaran
1. Mengirimkan biaya pendaftaran Rp15.000/erpen ke rekening bank BRI: 2066-01-003145-50-0 a.n Elvandari Solina Astandi, KCB Galunggung Malang
2. Usai pembayaran, konfirmasi ke 087859247019 dengan format: nama lengkap-kota asal-judul cerpen
3. Lampirkan 3 file dalam 1 email (bukan badan email):
 a. Naskah cerpen (tanpa nama/biodata)
 b. Biodata dan scan KTP
 c. Scan bukti pembayaran
kirim ke pamerankarya@yahoo.co.id dengan subject email: Nama lengkap-judul cerpen-kota asal-nomor HP
4. Pengumpulan terakhir tanggal 16 September 2013

Pengumuman:
5 Oktober 2013: Pengumuman pemenang dan nominator dalam acara puncak Pameran Karya UKM Penulis UM 2013
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Hadiah:
Juara I: Rp 750.000 + sertifikat
Juara II: Rp 500.000 + sertifikat
Juara III: Rp 250.000 + sertifikat
10 nominator mendapatkan sertifikat
Cerpen para pemenang dan nominator akan diantologikan dan terbit di Gramediana.com

Kontak Panitia:
Ayyub: 085731141606 / Amel: 085731489908

website: ukmpenulis.um.ac.id

FB: UKMPenulis

twitter: @ukmpenulis




Jangan lupa deadline 16 September 2013. Jadi segera kirimkan cerpen terbaikmu. Salam menulis! :)

Rok Cekak

Rok Cekak


Kami semua pernah berdiri di depanmu, khusyuk melihatimu
menikmatimu sudah seperti ritual sembahyang
jala-jala mata-mata jelalatan ingin segera mengakhiri permainan

sayang hanya tiap satu minggu, satu kali berdiri

dan yang paling sakral
di pagi ke tujuhbelas, di bulan ke empat per enam
di tahun Masehi

tidak menunggu malam, hingga khusyuk menikmatimu
tapi di pagi buta, hingga sempoyongan mendahului matahari
tetap khusyuk, kamu akan tersenyum menyambut kami

dan meski rokku cekak, secekak kain lapismu
di atas tiang, puluhan tahun, kita sama-sama belum pernah wisuda
rok SD, dan bendera upacara
sudah kumal, ia berdua
kini adikku memakainya



Malang, Juli 2013

Update status

Saya beri judul postingan kali ini dengan "update status". Maaf ya jika terlalu mainstream, tapi saya memang mau update status saja. Jadi tenang, saya bukan sedang membuat trik-trik ataupun tutorial update status di suatu media kok. (hehe)

Jadi karena sudah lama ndak sowan kemari, maka saya mau update status dulu. Beberapa bulan ini setelah sudah gak sibuk di himpunan, bingungnya bukan main kalo nganggur begitu. Baru akhirnya semester genap akhirnya membulatkan tekat ikut diklat UKMP di kampus. UKMP itu apa? UKM sendiri itu Unit Kegiatan Mahasiswa. Jadi mewadahi kegiatan-kegiatan selain organisasi pemerintahan seperti HMJ, BEMFA, ataupun BEM, dsb. Selain organisasi pemerintahan atau non pemerintahan, meliputi minat olahraga, musik, tari gerak, penalaran, kerohanian, kesejahteraan, sosial, dan semacam itu.

Untuk UKMP sendiri itu singkatan dari UKM Penulis. Jadi sepertinya bisa ditebak ya kalau bergerak di bidang minat penalaran. (saya juga menebak kok, hehe).

Saya masuk UKMP nya telat setahun, jadi bukan waktu jaman maba. Soalnya waktu diklat tahun lalu bentrok sama acara himpunan, jadinya merelakan untuk telat daftar deh. Sekarang mau cerita-cerita aja sih. Jadi masuk UKMP ada diklatnya, diklat ruang sama diklat alam. Saya daftar bareng sama tiga temen lainnya. Dan namanya juga udah bukan maba, tentunya kalau terlalu terikat peraturan macam diklat begitu ya sedikit kumat lah ndableknya. Awal diklat udah rencana bolos pagi sampe siangnya, tapi akhirnya mengurungkan niat, Karena pada dasarnya kami adalah makhluk baik dan tidak suka bikin sensasi. :D

Diklat ruang kelar dan dapet beberapa hukuman nulis gara-gara telat. (Hobi yang sudah mendarah daging :D ) Nulisku abal-abaaaaal banget. Jadi kalau postingan ini abal-abal, nah tugas nulisku itu jauh lebih abal-abal dari ini. Selang seminggu lalu ada diklat alam. Lokasinya di karangkates.



Yah singkat cerita seperti itulah. Akhirnya saya gabung di UKMP. Dan saya juga gak tahu saya bisa apa disana. Yang jelas, jujur saja, minder banget. Disana bukan sekedar organisasi hura-hura. Semuanya berlomba menulis. Berlomba memperbaiki diri. Dan melihat prestasi teman-teman yang masuk bareng sama saya dan prestasi mbak-mbak mas-mas disana, haaaaah langsung lemes. Beberapa kali lemes tiap baca karya-karya mereka di media. Bukan lemes karena ngiri, tapi karena minder. Ya karena saya yang paling tahu diri saya, sudah ada keyakinan bahwa saya gak mungkin bisa membuat karya-karya semacam itu. (melas)

Tapi kemudian saya mengibur diri (seperti biasa). Saya bilang sama diri saya, kalo hasil itu gak lagi penting kalo kita sudah mengikuti proses sebaik mungkin. Jadi saya putuskan untuk mengikuti prosesnya, apapun nanti hasil yang bisa saya dapat, insyaallah gak jauh jauh dari usaha lah ya. :D

Akhir kata, sampai jumpa di cerita selanjutnya. Terlalu banyak kehidupan yang tak tertulis dalam blog ini. Rentang waktu untuk update juga lama-lama. Jadi kalau mau kepo, langsung tanya saya saja. Biar tidak terjerumus masa lalu dan bisa tahu cerita selengkapnya. Mehehehe.

Sampai jumpa.
Maula.


Aku Ingin (Mencintaimu); Sebuah Puisi


AKU INGIN

Oleh : Sapardi Djoko Damono


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu



Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada



Siapa yang gak tahu puisi Aku Ingin karya Sapardi ini? Saya sendiri sebenarnya sudah lama tahu puisi ini. Puisinya bagus, rendah hati, tapi menyeluruh pada hakekat seorang manusia yang sedang ingin mencintai.

Sebenarnya saya yang berbicara disini masih belum tahu seperti apa itu puisi, bagaimana sebuah puisi yang biasa bisa dikatakan indah, dan sebagainya dan sebagainya. Jadi anggap saja saya disini adalah orang yang masih awam pada karya sastra, yang mencoba memaknai sebuah karya luar biasa. 

Pemilihan diksi pada karya ini amat menakjubkan. Pada dasarnya puisi memang menggunakan majas-majas, puisi hidup dari situ. "Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya debu". Bagi saya, mencintai seperti ini tidak lagi jadi sederhana, tapi ia menggunakan kata sederhana untuk memperjuangkan bagaimana pandainya ia berusaha mencintai. Berbicara kepada api yang akan menjadikannya debu, terdengar begitu tulus. Memilukan, menyakitkan, tapi (semoga) mendamaikan. :)

Hehe cukup sekian saya berusaha mengapresiasi puisi ini, belum pandai, takut nanti justru sesat. :D

Berita yang saya bawa di posting ini adalah saya baru tahu ternyata puisi ini dilagukan, dan saya baru tahu, bagus banget puisinya. Mohon maaf, saya udik. :') Buat yang pingin denger puisinya yang dilagukan bisa download disini. Sangat menenangkan. ;)


Go Djarum Indonesia Open! Go Badminton Indonesia!

"Penyelenggaraan Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 terus menuai pujian, tak hanya dari para peserta baik atlet tuan rumah maupun asing, namun BWF selaku federasi tertinggi bulu tangkis dunia, juga mengatakan turnamen ini merupakan turnamen terbaik di dunia." (PBSI news)



Sejarah telah menceritakan seluk beluk negeri kita. Sejarah pula yang memperlihatkan kebanggaan bangsa dalam diri negeri kita kepada dunia luar. Dan badminton adalah kebanggaan bangsa Indonesia yang selalu melekat dan terkenang dalam sejarah.

Kemenangan Indonesia pada kejuaraan badminton memang sangat melekat pada pribadi bangsa ini. Badminton selalu mengunggulkan Indonesia pada masa keemasannya, hingga akhirnya, kemenangan pebulu tangkis nasional selalu dinanti-nanti para penikmatnya sampai saat ini.

"Pebulu tangkis Indonesia pernah unggul, maka ia pasti bangkit lagi, menunjukkan taringnya dan akan unggul lagi."
Ungkapan di atas adalah ungkapan kepercayaan diri saya, barangkali juga ungkapan seluruh warga Indonesia. Publik sangat berharap prestasi Indonesia di ajang bulutangkis kembali mencuat seperti pada masa-masa keemasan di era 1970an sampai 1990an. Beberapa atlet seperti Christian Hadinata, Rudy Hartono, Liem Swie King, Susi Susanti, Mia Audina, Ivana Lie, dan sederet nama tenar lainnya pernah mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Meskipun saat ini prestasi para atlet bulutangkis kita sedang naik turun, tapi publik selalu percaya dan yakin akan kemampuan singa-singa negerinya.

Dukungan publik selaku suporter dan dukungan Djarum Indonesia Open sejak dulu pun juga telah melekat pada negeri ini. Penyelenggaraan Djarum Indonesia Open sebagai turnamen internasional adalah bukti bahwa masih ada pihak-pihak yang mendukung sepenuhnya dan peduli pada prestasi dan sejarah kebanggaan bulutangkis di Indonesia ini. 

Djarum Indonesia Open yang sudah dua tahun terakhir naik tingkat premier telah menyuguhkan konsep turnamen internasional yang berkelas. Turnamen internasional memang tidak hanya Djarum Indonesia Open saja, di negara-negara lain juga digelar turnamen internasional berkelas semacam ini. Namun hal ini akan memudahkan bagi atlet Indonesia sendiri meraih kemenangan jika turnamen digelar di rumahnya sendiri, negara asalnya, Indonesia. Seperti yang pernah dikatakan Liliyana Natsir saat ia berhasil masuk ke babak final di DIO tahun 2012 lalu.

Saat itu Liliyana Natsir dipasangkan ganda campuran dengan Tontowi Ahmad. 
Berhadapan dengan pemain China, Xu Chen/Ma Jin di babak semifinal, Tontowi/Liliyana sempat tertinggal di akhir permainan sebelum akhirnya meraih tiket ke final. Pasangan ganda campuran asal Indonesia ini mengaku dukungan dari para suporter menjadi kunci kemenangan mereka.

"Terima kasih kepada seluruh pendukung Indonesia. Kalian menjadi salah satu motivasi bagi kami untuk bangkit sehingga bisa mengejar ketertinggalan dan akhirnya menang," tutur Liliyana saat itu sembari tersenyum lebar mengangkat raketnya.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa banyak pihak yang mendukung bangkitnya badminton sebagai kebanggaan Indonesia.  Semoga para atlet bulutangkis dan seluruh komponen negara kita juga semakin dewasa dalam memaknai semua ini. Bersama-sama semoga negara Indonesia akan kembali mencetak sejarah kebanggaannya dalam dunia bulutangkis. Mari kita dukung turnamen anak bangsa, Djarum Indonesia Open 2013 mewujudkan olahraga badminton sebagai kebanggaan Indonesia. 

Go Djarum Indonesia Open! Go Badminton Indonesia!

Video Himpunan Jadul #Part1

Ini video amatiran pertamaku. Didedikasikan buat HMJ :D Sebenernya dulu dikasih tugas suruh bikin video ini, katanya buat pisan kenang. Date modified di laptop file ini tanggal 27/10/2012. Udah lama banget. Tapi terus gapaham, Acara Pisah Kenang nya gatau kabarnya gimana :D Daripada mubadhir di leptop, jadi mending di share aja kali ya.

Cerita dikit, video ini bener-bener video pertama yang tak bikin. Serius abal-abal banget. Tapi..aku bikinnya sepenuh hati, tak persembahkan buat semua temen-temen di Himpunan. Tiap liat video ini gak tau tiba-tiba mewek aja. Berharap waktu itu, waktu aku lagi buat video ini, nanti kalo temen-temen liat juga bisa memberi kesan :)
Tapi sekarang gak tau, siapa aja yang mungkin bakal lihat video ini. Yang jelas disini, ada kalian.. Keluarga baru di tahun lalu :))

Sebenernya juga, ini baru part 1. Masih ada lanjutannya hehe :D

Terakhir, semoga menikmati :p




Biar aku ingat-ingat lagi, Aku Rindu :)

Suatu keadaan menghasilkan reaksi. Suatu komunikasi menghasilkan relasi. Suatu kenyamanan yang kemudian menghasilkan intuisi... Kebutuhan. Keberadaan. Keterkaitan. Keluarga.
Lalu datang keadaan baru, reaksi baru. Wujud komunikasi baru. Jarang bertemu. Hanya tegur kecil berharap kalian semua baik-baik saat ini. Ya... dan aku rindu :')