Aku Ingin (Mencintaimu); Sebuah Puisi


AKU INGIN

Oleh : Sapardi Djoko Damono


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu



Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada



Siapa yang gak tahu puisi Aku Ingin karya Sapardi ini? Saya sendiri sebenarnya sudah lama tahu puisi ini. Puisinya bagus, rendah hati, tapi menyeluruh pada hakekat seorang manusia yang sedang ingin mencintai.

Sebenarnya saya yang berbicara disini masih belum tahu seperti apa itu puisi, bagaimana sebuah puisi yang biasa bisa dikatakan indah, dan sebagainya dan sebagainya. Jadi anggap saja saya disini adalah orang yang masih awam pada karya sastra, yang mencoba memaknai sebuah karya luar biasa. 

Pemilihan diksi pada karya ini amat menakjubkan. Pada dasarnya puisi memang menggunakan majas-majas, puisi hidup dari situ. "Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya debu". Bagi saya, mencintai seperti ini tidak lagi jadi sederhana, tapi ia menggunakan kata sederhana untuk memperjuangkan bagaimana pandainya ia berusaha mencintai. Berbicara kepada api yang akan menjadikannya debu, terdengar begitu tulus. Memilukan, menyakitkan, tapi (semoga) mendamaikan. :)

Hehe cukup sekian saya berusaha mengapresiasi puisi ini, belum pandai, takut nanti justru sesat. :D

Berita yang saya bawa di posting ini adalah saya baru tahu ternyata puisi ini dilagukan, dan saya baru tahu, bagus banget puisinya. Mohon maaf, saya udik. :') Buat yang pingin denger puisinya yang dilagukan bisa download disini. Sangat menenangkan. ;)


No comments:

Post a Comment